PS.TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Latar Belakang TIP

Bidang agroindustri (Industri yang berbasiskan bahan baku pertanian dalam arti luas, termasuk di dalamnya pertanian tanaman pangan, perkebunan, perikanan, kehutanan dan peternakan) memerlukan sentuhan khusus untuk teknologi yang tepat tempat, tepat waktu dan tepat sasaran dengan memperhatikan potensi daerah dan kearifan masyarakat lokal Kalimantan agar diperoleh nilai tambah (added value) yang maksimal.

Guna optimalisasi target pencapaian dan kesiapan Sumber Daya Manusia terkait dengan sumber daya lain yang ada, keberadaan Program Studi Sarjana (S1) Teknologi Industri Pertanian (TIP) di Universitas Lambung Mangkurat memiliki komitmen untuk mempersiapkan SDM yang memiliki kompetensi unggulan sedini mungkin dan mampu memahami IPO-OBI concept (Input – Proses – Output – Outcome -Benefit – Impact).

Kompetensi Utama

  • Menguasai ilmu dan teknologi proses, manajemen industri serta pengelolaan lingkungan industri yang berbasis pada hasil pertanian dalam arti luas.
  • Memiliki kemampuan kepemimpinan dan manjerial, kerjasama tim serta semangat untuk berkreasi dan berinovasi yang mendukung dalam pengembangan agroindustri.
  • Memiliki sikap moral sebagai manusia yang jujur, berbudi luhur, bertanggung jawab, berdedikasi serta motivasi yang kuat dalam pengembangan agroindustri.
  • Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat terkait dengan bidang agroindustri.

Kopetensi Pendukung

  • Mampu ber Bahasa Inggris aktif, sebagai media komunikasi internasional yang mendukung dalam aktivitas bisnis dan aktivitas lainnya.
  • Penguasaan komputer (hardware and softwere) yang mendukung dalam pengembangan agroindustri.

Kopetensi Lain yang Bersifat Khusus

  • Mampu menggunakan Bahasa Korea sebagai media komunikasi Internasional di samping Bahasa Inggris (disajikan secara intensif dalam program ekstrakurikuler terpadu).
  • Pemahaman dalam analisis psikologi dalam kasus-kasus manajemen pengelolaan sumber daya manusia (disajikan secara intensif dalam program ekstrakurikuler terpadu).
  • Memiliki kemampuan khusus dalam downstream teknologi pengolahan sawit dan komoditas andalan Kalimantan lainnya (hingga pengetahuan IPO-OBI concept (Input Proses Output-Outcame Benefit Inpact concept)).

Kopetensi Plus

  1. Mata kuliah bahasa Inggris aktif  + Lab. Bahasa
  2. Bahasa Korea (Program Change Student)
  3. Pelajaran Psikologi Industri (personal development).
  4. Kegiatan outbound untuk membangun kemampuan softskill
  5. Kunjungan ke industri (skala menengah dan besar)
  6. Kuliah lapang (terpadu dengan Riset Dosen dengan intansi/Lembaga Penelitian lain)
  7. Magang di perusahaan sekala menengah dan besar.

Prospek Kerja

  1. Management (supervisor dan manager) di berbagai perusahaan agroindustri dan Perbankan (karena kematangan dalam IPO-OBI)
  2. Dosen (masih banyak diperlukan)
  3. Wirausahawan / pelaku usaha.
  4. Pegawai Negeri di Dep. Perdagangan, Dep. Perindustrian, Dep. Pertanian dalam arti luas (Kehutanan, Perkebunan, Perternakan, Perikanan, Tanaman Pangan), Lingkungan serta di berbagai lembaga penelitian (R & D) yang menggunakan/melibatkanmaterial komoditas pertanian dalam arti luas.
  5. Triner/pentraining SDM lain pada lini industri, perusahaan dan Departemen Kompetensi karena memiliki basic Hardskill dan Softskill serta teknik kominikasi dengan bahasa Internasional.

*PS. TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN UNLAM

Jalan Jend.Ahmad Yani KM.36 Simpang Empat, Banjarbaru, Kal-Sel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s